Rabu, 21 Februari 2018

Pesona Candi Prambanan Dari Ketinggian di Spot Riyadi

Candi Prambanan dari ketinggian
Candi Prambanan dari Spot Riyadi
Sore hari saat matahari sudah mau masuk ke peraduannya adalah waktu yang tepat untuk menikmati pemandangan Candi Prambanan dan sekitarnya dari ketinggian. Salah satu tempat yang cocok untuk bersantai melihat Candi Prambanan dan landscapenya dari ketinggian sekaligus menikmati segelas minuman panas dengan ditemani gorengan adalah di "Spot Riyadi". Lokasi tempat ini berada di desa Dawangsari Prambanan. Kalau dari Candi Prambanan ke arah selatan daerah perbukitan belakang bukit Candi Boko. Lebih mudahnya ikuti petunjuk arah ke Restoran Abhayagiri, setelah sampai di Resto ini, cari petunjuk arah dengan nama "Spot Riyadi". Tentunya anda juga dapat menikmati sore di resto Abhayagiri, tapi pasti kurang nyaman kalau tidak beli minuman atau makanan yang harganya diatas rata-rata. Lebih nyaman ke Spot Riyadi karena kawasan ini adalah tempat umum, walaupun ada warung joglonya tapi harga makanan dan minuman disini sekelas angkringan Jogja.
Dari tempat ini kita dapat melihat hamparan luas pamandangan kawasan Candi Prambanan dari ketinggian. Sawah berpetak-petak di sisi sebelah kanan saat kita menghadap ke utara. Kalau cuaca sedang cerah dan tidak berkabut, Gunung Merapi akan terlihat menjulang tinggi dengan gagahnya. Candi Prambanan akan terlihat kecil menyelip diantara rerimbunan pohon-pohon dan rumah-rumah penduduk.  Foto Candi Prambanan paling atas diambil dengan lensa 300mm pada kamera crop. Kalau punya kamera super zoom akan lebih baik lagi. Saat matahari sudah masuk ke ufuk barat, suasana landscape Prambanan akan berganti dengan lampu-lampu yang menyala. Jadi memang waktu paling pas untuk berada di tempat ini adalah saat sore hari. Dua suasana yang berbeda akan menjadi pengalaman yang istimewa.
Spot Riyadi Sunset
Suasana Setelah Matahari Terbenam

Landscape Candi Prambanan
Landscape Sekitar Candi Prambanan
Kunjungan ke Spot Riyadi dapat dikombinasikan dengan tour di kawasan Candi Prambanan. Di sekitar bukit ini juga terdapat beberapa Candi Tua dari abad ke 9, seperti Candi Barong, Candi Sojiwan, Candi Ijo, dan Candi Boko. Tempat ini seperti kawasan Arkeologi dengan bentang alam berbukit-bukit yang cukup istimewa untuk dikunjungi. 
Team tourkejogja.com siap menemani anda untuk menjelajahi kawasan ini. Silahkan kontak kami di 08170741953 untuk sekedar konsultasi tour gratis atau booking transport wisata di Jogja.

4 komentar:

  1. Indah sekali Candi Prambanan kalau dilihat dari Spot Riyadi, saya sudah lama sekali tidak menginjakkan kaki di Prambanan. Indonesia memang menakjubkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari Bapak, kapan bisa ke Jogja? nanti saya antar melihat2 tempat tempat istimewa disini

      Hapus
  2. Balasan
    1. mari berwisata ke Jogjakarta, banyak tempat indah dan bersejarah!

      Hapus