Selasa, 25 April 2017

Pendakian Gunung Sumbing Jalur Banaran "Sumbing East Route"

Pos 4 Watu Ondho
Pos 4 Watu Ondo
Pendakian Gunung Sumbing dapat dilakukan dari 4 Jalur dari sisi Barat, Selatan, Utara, dan Timur. Gunung ini adalah salah satu gunung yang cukup menantang untuk didaki. Ketinggian Gunung Sumbing mencapai 3.373 meter diatas permukaan laut. Gunung ini adalah Gunung tertinggi nomor dua di Jawa Tengah setelah Gunung Slamet. Semua jalur pendakian membutuhkan waktu lebih dari 7 jam untuk sampai ke puncak. Salah satu trek yang sangat menantang adalah Jalur Pendakian Sisi Timur disebut sebagai "Sumbing East Route". Jalur ini berpusat di Dusun Banaran, Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung. 
Sunrise dari Pos 4
Sunrise Gunung Sumbing dari Pos 4
Jalur awal Pendakian
Jalur Awal Pendakian
Jalur pendakian dari Banaran ini lumayan sangat menantang dengan trek naik tanpa ampun. Saat pendakian di musim hujan, jalur pendakian dari pos 4 ke bawah akan berubah menjadi jalur lumpur yang sangat licin. Matahari terbit sudah dapat dinikmati dengan indahnya dari Pos 4, disinilah sebagian besar pendaki menikmati Sunrise sebelum summit attack. Dari Basecamp Pos 4 ini terlihat gunung Merapi dan Gunung Merbabu di Kejauhan. Lampu Kota Magelang dan Temanggung juga terlihat indah ketika malam hari. Mata air dengan sumber air yang sangat bersih dan mengalir sepanjang tahun berada diatas pos 4. 

Basecamp Banaran
Basecamp Banaran

Peta Jalur Pendakian Sumbing
Peta Jalur Pendakian Gunung Sumbing
Untuk bisa mencapai puncak dari jalur ini diperlukan stamina dan management waktu yang baik. Waktu terbaik untuk start adalah pagi hari. Ada 4 pos resmi yang sudah dibuat. Keempatnya mempunyai lahan rata yang cukup nyaman untuk mendirikan tenda . Tentu saja, Pos 4 yang paling baik untuk mendirikan tenda, selain sudah bisa melihat matahari terbit dari sini, tempat ini juga sudah dekat dengan puncak. 

Sekarang kita bahas jalur perjalanan dari basecamp sampai puncak. Dari Bascamp sampai batas kebun warga kita bisa naik ojek motor atau pick up sekitar 10menit sampai 15 menit. Kalau jalan kaki akan memakan waktu sekitar satu jam. Dari sini perjalanan sebenarnya dimulai, mulai menanjak melewati kebun tembakau dan sayuran warga. Setelah berjalan sekitar hampir dua jam akhirnya sampai di Pos Satu, dengan nama Pos Seklenteng dengan ketinggian 1887 diatas permukaan laut.  Di sini terdapat sebuat tempat peziarahan makam Syekh Abdurrohman, dari garis keluarga Sunan Kalijogo.  
Pos Satu Gunung Sumbing
Pos Satu Gunung Sumbing
Perjalanan berlanjut ke Pos 2 bernama Siwe-Iwel berada di ketinggian 2141 meter diatas permukaan laut. Dari pos satu ke pos dua pendakian ditempuh dengan waktu sekitar 45 menit, hampir satu jam berjalan santai. Kalau belum terasa capek lanjut saja ke pos 3 dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 30 menit. Pos 3 bernama Punthuk Barah dengan ketinggian 2387 meter diatas pemukaan laut. Di pos ini usahakan istirahat dan siapkan stamina dengan makan coklat atau snack yang mengandung banyak energi karena tantangan akan semakin berat. Perjalanan panjang ke pos 4 jalur pendakiannya sangat terjal menajak. Waktu tempuh perjalanan mulai dari satu jam sampai dua jam tergantung kecepatan. Sebelum sampai pos 4 kita harus melewati Watu Ondo, sebuah batu cukup besar yang harus didaki. Sampailah kita di Pos 4. Tempatnya terbuka dan cukup luas untuk mendirikan tenda. Kalau sudah telalu malam sampai di Pos 4, lebih baik mendirikan tenda di sini. Matahari terbit sudah bisa dilihat dengan cantiknya dari tempat ini. Ke puncaknya bisa dilakuan setelah matahari terbit.  Atau kalau masih ada tenaga, langsung tembak jalan sekitar 1,5 jam sampai 2 jam ke Banjaran. Jangan lupa diatas Pos 4 ada mata air bersih, isi secukupnya kalau butuh air bersih. 
Pos Banjaran Gunung Sumbing
Pos Banjaran
Pos Banjaran adalah padang savana luas yang datar, disini cukup nyaman untuk mendirikan Tenda, tapi ada banyak jejak babi hutan, jadi harus hati-hati dan waspada ya! Dari Banjaran ke puncak cuma dibutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan. Sebelum ke Puncak kita bisa mampir melihat kawah aktif Gunung Sumbing dengan letupan-letupan uap air panas. Banyak yang tidak tahu kalau ternyata Gunung Sumbing adalah Gunung Api Aktif yang masih dimonitor oleh PVMBG ( Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi).
Petunjuk menuju Puncak Sumbing
Petunjuk Menuju Puncak Sumbing
Saat turun dari puncak jangan sampai ambil jalur yang salah, nanti bisa sampai ke basecamp lain, tidak masalah kalau tas dan tenda sudah dikepuncak, lha kalau ditinggal di Banjaran atau Pos 4 bisa pusing ngambilnya. Perhatikan petunjuk arah yang sudah dipasang oleh pengelola. 
Mata Air Jalur Banaran
Mata Air Jalur Banaran

Jalur Sebelum Pos Banjaran
Jalur Pendakian Sebelum Pos Banjaran
Team pendakian kami Tourkejogja.com siap membantu anda mendaki Gunung Sumbing. Untuk pemesanan paket pendakian atau cuma sekedar konsultasi pendakian Gunung Se Jawa dan Wisata Jogja silahkan hubungi kami di nomor (whatsApp, sms, dan telp) 08170741953. Kunjungi juga Fans Page Facebook kami di Facebook tourkejogja

0 komentar:

Posting Komentar