Rabu, 19 April 2017

Ke Jogja jangan Lupa Jl. Wijilan, Sentra Gudeg Jogjakarta

Sentra Gudeg Jogja
Sentra Gudeg Jogja
Jogjakarta mempunyai banyak sekali sebutan, mulai dari kota pelajar, kota wisata, kota budaya, kota seniman, dan pada masa lampau sekitar tahun 70 sampai 80 an disebut sebagai kota sepeda. Salah satu sebutan istimewa yang sampai sekarang masih melekat erat adalah kota Gudeg. Saya kira semua orang tahu apa itu Gudeg, makanan khas dari buah nangka muda yang dimasak selama berjam-jam dengan rasa manis legit tapi gurih. Sebutan ini tidaklah salah karena dipercaya makanan ini berasal dari Jogja. Bagi wisatawan luar daerah pasti belum lengkap rasanya kalau liburan ke Jogja tanpa makan Gudeg. Oleh karena itu, sejak puluhan tahun yang lalu di Jogja banyak berdiri resto dan rumah makan khusus Gudeg atau yang menawarkan makanan khas ini sebagai salah satu menu istimewanya. 
Resto Gudeg Jogja
Resto Gudeg Jogja
Salah satu pusat atau sentra Gudeg di Jogja ada di Jalan Wijilan di wilayah Keraton Jogjakarta. Letaknya tepat berada di sisi timur alun-alun utara, pas selatan Plengkung Wijilan yang dikenal juga sebagai Plengkung Tarunasura. Bisnis makanan khas Jogja disini sudah berlangsung dari tahun 40 an, salah satu warung makan gudeg tertua yang masih laris manis dari tahun 1946 sampai sekarang adalah warung Gudeg Bu Slamet. Dari sisi utara sampai selatan berjejer warung-warung legendaris pemuas para pemburu kuliner khas daerah, seperti warung Gudeg Bu Lies, Gudeg Bu Tarto, dan Gudeg Yu Djum. Warung-warung disini buka setiap hari selama 24 jam, jadi datang jam berapa pun kuliner khas Jogja ini akan selalu ada untuk anda.
Gudeg Wijilan

Arah Ke Jl. Wijilan

masakan tradisional Gudeg

Gudeg Jogja
Berbagai pilihan lauk pauk dapat anda pilih sesuai selera anda, mulai dari Tempe tahu bacem, telur, krecek, sampai jeroan dan daging ayam. Harga satu porsi Gudeg di jl. Wijilan sangat terjangkau mulai 10 ribu rupiah sudah mampu mengobati perut yang lapar. Kalau mau dibawa pulang sebagai oleh-oleh ada beberapa alternatif. Pertama bisa pesan Gudeg dalam besek wadah dari anyaman bambu atau kendil yang terbuat dari tanah liat. Gudeg yang khusus dibawa pulang ini dapat bertahan hingga 3 hari. Alternatif kedua lebih praktis lagi, sekarang sudah ada Gudeg kalengan yang bisa tahan hingga satu tahun. Nah, oleh-oleh dari jogja yang harus ada tambah satu lagi nih!

Jogja sebentar lagi mungkin mendapat sebutan baru sebagai Kota Kuliner. Berbagai macam jenis makanan dari luar negeri dan pelosok daerah Indonesia dapat ditemukan dengan mudah. Berdirinya barbagai jenis restoran ini mengikuti tren naiknya jumlah wisatawan mancanegara dan domestik yang datang ke Jogja. Ayo tunggu apa lagi, kalau ada liburan segera datang ke Jogja yang Istimewa! 

0 komentar:

Posting Komentar