Jumat, 27 Januari 2017

Menyongsong Matahari Terbit di Borobudur

Candi Borobudur
Candi Borobudur salah satu tempat wajib untuk dikunjungi bagi orang Indonesia. Candi yang dibangun pada abad ke 8 ini adalah Candi Budha dengan bangunan tunggal terbesar di dunia. Berbagai misteri masih menyelimuti sejarah dan fakta-fakta candi ini. Kalau berkunjung ke candi Borobudur lebih baik bersama dengan seorang guide karena dia akan memberikan pengetahuan yang ga bisa didapat dari googling. 
Budha
Selain itu ada waktu tertentu yang paling bagus untuk berkunjung ke Borobudur. Kalau pas tengah hari tentunya sinar matahari akan terasa sangat panas. Pemandangan luas dari puncak Borobudur juga tidak akan sejuk dan jernih. Maka dari itu cuma ada satu waktu terbaik untuk menikmati kemegahan dan keindahan alam sekitar candi yaitu pada saat matahari menunjukan sinar kuningnya. Tepat sekali, saat sunrise adalah saat terbaik. Suasana pagi yang dingin dan sejuk akan membuat mata kita lebih nyaman menikmati pemandangan yang istimewa. 
Sunrise di Punthuk Setumbu
Sekarang ada dua cara menikmati Sunrise Candi Borobudur. Pertama dengan cara langsung berdiri diatas candi saat sunrise. Tentunya kita sudah harus sampai disana sebelum pukul 5 pagi. Tiket kunjungan normal dijual pukul 6 pagi. Sedangkan untuk masuk sebelum sunrise kita butuh tiket istimewa yang harganya lumayan mahal yaitu sekitar Rp. 325.000,- per pax, kalau tamu manca harus merogoh kocek Rp 450.000,-. Pintu masuk cuma ada satu tempat yaitu dari hotel Manohara. Harga ini bagi penikmat keindahan bukanlah harga yang mahal. Apalagi bagi yang senang fotografi, saat sunrise adalah saat terbaik untuk mendapatkan foto-foto yang istimewa.  
Borobudur Sunrise
Bagi yang tidak mau membayar sebanyak itu, atau bagi para budget traveler, ada cara lain untuk menikmati Sunrise candi Borobudur dengan harga yang sangat terjangkau yaitu melihat Candi Borobudur dari bukit Punthuk Setumbu. Di bukit ini kita bisa menikmati Sunrise yang sangat cantik muncul dari antara Gunung Merapi dan Merbabu dengan pemandangan candi Borobudur dari kejauhan. Dua foto paling bawah di artikel ini diambil dari Bukit Punthuk Setumbu. Harga tiket masuk Punthuk Setumbu cuma Rp. 15.000,- untuk tamu lokal, dan Rp. 30.000,- untuk tamu mancanegara.. Jadi tunggu apalagi kawan, ayo travelling kesini! Kalau butuh transport wisata ke Jogja murah hubungi saya ya! Sekedar konsultasi juga oke, kontak saya tertera di blog ini! Saya siap membantu traveler menikmati keindahan alam Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar